Informasi Karir Seorang Bartender

Di era yang semakin maju seperti zaman sekarang ini, banyak pekerjaan serta perofesi baru yang mengandalkan keahlian yang khusus pula. Contohnya saja seperti saat ini sudah banyak orang yang berperan sebagai bartender salah satunya, yang mana profesi ini sebelumnya belum pernah dibayangkan bahwa dengan menggeluti suatu hobi yang satu ini bisa membuat kita bekerja dalam pengalaman yang berbeda dengan umumnya.

Perkerjaan sebagai bartender merupakan pekerjaan yang cukup unik, karena pekerjaan ini sangat mengandalkan sebuah kreatifitas yang dimiliki oleh bartender itu sendiri. Maka tidak heran jika bartender juga di tuntut untuk dapat memberikan resep minuman yang terbaik sehingga dapat memuaskan para pecinta minuman yang datang ke suatu bar. Selain itu menyajikannya juga diperlukan kreatifitas yang baik sehingga minuman akan tampak menarik dengan beberapa gaya yang ada.

Seorang bartender meruapkan pegawai langsung dari sebuah perusahaan bar tersebut yang sebelumnya sudah pernah mendalami pendidikan bidang perhotelan maupun pelatihan pembuatan minuman khusus bartender. Pada beberapa negara tertentu, bartender juga dapat bertugas mengidentifikasi pelanggan di bawah umur saat akan menyajikan minuman yang mengandung alkohol. Nah yang serunya, jika pekerjaan sebagai bartender memungkinkan kita untuk dapat berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda pada setiap harinya lho.

Hal Wajib Perlu Diketahui Seputar Bartender

Selain profesi bartender, peracik minuman juga dikenal sebagai Mixologist. Hanya saja, Mixologist adalah orang yang telah menciptakan kreasi minuman tersebut dengan lengkap cerita, sejarah serta juga filosofinya sedangkan bartender pada umumnya menghidangkan minuman dengan menggunakan resep-resep yang telah tersedia, termasuk dengan karya para Mixologist.

Bartender merupakan salah satu profesi yang dapat mendukungmu untuk terus mencapai karier yang tinggi di dunia Internasional. Oleh karenanya tidak jarang jika bartender asal Indonesia banyak yang berkiprah pada beberapa restoran dan juga bar ternama di luar negeri.

Seorang bartender bukan hanya mampu menyajikan minuman yang beralkohol atau cocktail saja lho! Ada pula jenis minuman kreasi non alkohol dengan kandungan bahan yang hampir sama dengan cocktail. Jenis minuman yang satu ini disebut juga dengan Mocktail atau Virgin Cocktail.

Baik cocktail ataupun mocktail terkadang mempunyai nama serta sejarah yang cukup unik. Salah satu yang paling terkenal adalah mocktail bernama Shirley Temple yang pertama kali dibuat pada tahun 1930an untuk aktris cilik asal Amerika Serikat Shirley Temple yang juga menginginkan minuman untuknya saat orang tuanya tengah mengonsumsi cocktail.

Nggak hanya namanya saja yang unik, kadang minuman racikan bartender juga punya bahan – bahan yang nggak biasa seperti minuman bernama Bloody Mary yang terbuat dari jus tomat, kecap Inggris, saus tabasco dengan hiasan batang seledri. Seorang bartender pun juga mendapatkan penghasilan dari fee ketika mempertunjukkan kebolehannya dalam membuat minuman. Seorang bartender asal Bali yang menciptakan minuman dengan teknik juggling dengan durasi selama 5 menit bisa memperoleh fee hingga sebesar Rp500.000

Tips Untuk Peran Seorang Bartender

  • Perusahaan katering adalah tempat terbaik untuk memulai karir. Pekerjaan ini lebih mudah untuk didapatkan, jika ingin dapat sedikit melakukan pelayanan, dan dari situ akan mempelajari banyak hal cara membuat minuman dasar dan menuangkan anggur dan bir.
  • Jika seseorang berencana untuk dapat belajar pada salah satu sekolah di bidang bartender, periksalah riwayat Better Business Bureau sekolah tersebut, dan juga mereka telah memiliki izin dari departemen pendidikan. Periksa juga berapa lama sekolah tersebut telah berdiri serta berhati-hatilah kepada sekolah ataupun jasa pelayanan apa pun yang menjanjikan sebuah pekerjaan atau posisi pekerjaan yang dipilih. Pada sebagian besar negara, hal ini dianggap ilegal. Karena hal yang hanya dapat dilakukan sekolah adalah memberikan bantuan untuk menawarkan posisi perkerjaan.
  • Meskipun beberapa tidak setuju, menjadi seorang barback bukanlah salah satu hal yang buruk untuk dapat memulai. Anda akan belajar banyak dari bartender yang mempekerjakan seorang bartender dan bekerja dengan cara Anda. Seorang bartender yang baik juga akan memberikan tip untuk dapat bekerja keras dan bahkan akan mengajari mengenai satu atau dua hal.
  • Sering kali manajer pada suatu bar lebih memilih orang yang tidak memiliki pengalaman pada sebelumnya karena mereka tidak harus terlatih dengan teknik yang sudah dipelajari sebelumnya. Hal ini dapat terlihat seperti pada keluarga kecil yang mempunyai usaha bar serta hotel lokal yang mempunyai cara unik tersendiri dalam pengoperasiannya. Jangan pernah anda merasa ragu untuk dapat melamar sebuah pekerjaan sebgai bartender pada sebuah bar karena pada profesi yang satu ini tidak hanya memiliki sebuah pengalaman yang sedikit, kita semua harus mulai mempelajarinya dari suatu tempat.
  • Ingatlah bahwasanya suatu bar adalah sebuah panggung, yang mana anda berada di sana tidak hanya untuk menyajikan minuman tetapi untuk menghibur dan memberikan pertunjukan. Mengingat nama-nama pelanggan dan minuman yang telah biasa mereka pesan. Buatlah usaha untuk dapat menjalin hubungan dengan semua orang. Anda tidak harus menceritakan sebuah lelucon, tetapi menjadi seseorang yang sebenarnya, menjadi diri sendiri dan menikmati masa berkumpul dengan yang lain. Sebuah senyuman, anggukan ataupun hanya memiliki kemampuan untuk tertawa pada kesalahan yang dimiliki dapat menghancurkan penghalang yang ada dan membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan, nyaman serta bermanfaat.
  • Bersikap jujur terhadap kemampuan serta pengalaman yang telah miliki. Anda lakukan sendiri atau atasan Anda tidak akan menyukai Anda jika kemampuan yang dimiliki tidak sesuai dengan perkataan Anda. Bersedia untuk bertanya jika terdapat sesuatu yang belum cukup jelas atau tidak dimengerti. Hal ini menunjukkan kecerdasan, kedewasaan, dan keinginan untuk dapat belajar. Lebih baik bertanya pada sebuah pertanyaan bodoh dan berisiko seperti seseorang yang bodoh dibandingkan tidak bertanya dan memastikan bahwasanya Anda adalah seorang yang bodoh.
  • Ketika alkohol terlibat, orang-orang dapat melupakan dirinya sendiri dan (dengan pengecualian ancaman, tindakan kasar, atau kebiasaan keras). Bersiaplah untuk melihat, mendengar, dan mempelajari hal-hal yang membutuhkan sikap kebijaksanaan yang perlu Anda simpan untuk diri sendiri. Jangan menjadi seseorang yang suka bergosip dan dengan cepat memaafkan dan melupakannya begitu saja.

Share Now

Related Post

Leave us a reply